Rabu, 06 Februari 2008

Pengembangan Jaringan Perpustakaan Digital Menuju Perpustakaan Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional

Pengembangan Jaringan Perpustakaan Digital
Menuju Perpustakaan Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional

Di Hotel Inna Garuda, Jogjakarta,

29 – 30 November 2007

By: Ramadiani



Kriteria world class university menurut Times:

* Academic Reputation

* Student Selectivity

* Faculty resources

* Research derived from:

1) citation in academic journals as tracked by the Journal Citation Index,

2) articles in peer-reviewed journals,

3) papers presented in international conferences,

4) published books,

5) research funding,

6) graduate students

* Financial resources:

1) total spending per students,

2) library spending per students



Salah satu tugas Perpustakaan Digital adalah sebagai sarana pengelolaan dan penyebaran informasi ilmiah. Berdasarkan alasan tersebut, maka pembangunan jaringan perpustakaan berbasis elektronik yang memungkinkan kerjasama setiap perpustakaan dapat saling bertukar informasi melalui jaringan global. Dengan tetap menyepakati peraturan tentang keamanan data, hak milik intelektual/hak cipta dan hak akses.

Masing-masing Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi diharapakan dapat memfasilitasi pertukaran dan pemindahan data, dengan tidak menghilangkan kualitas kandungan informasinya. Dari segi telekomunikasi, setiap pengembangan Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi telah memakai standar dan protokol yang memungkinkan pertukaran data secara mudah, terutama untuk hal-hal yang sudah disepakati.

Sebagai salah satu solusi akan dibentuk Katalog Induk. Masing-masing Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi diharapkan untuk menyiapkan format pertanggungjawaban dalam penggunaan koleksi digital serta membuat kesepakatan internal, bilateral, maupun multilateral.

Terus menerus berkomunikasi dan berbagi-pengalaman, mengadakan pertemuan teknis untuk membahas kemungkinan pengembangan teknologi distributed retrieving dan harvesting, segera membuat server katalog induk bersama. Mengusulkan kepada DIKTI agar pengembangan Perpustakaan Digital diberikan tempat khusus dalam kerangka proyek INHERENTS dan dalam pengembangannya dimasukkan penelitian atau percobaan yang berkaitan dengan teknologi retrieval.

Sumber :
http://e-lib.unmul.ac.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=3&artid=10

Tidak ada komentar: