Sabtu, 05 Januari 2008

Istilah Perpustakan

Koleksi referensi adalah koleksi rujukan। Karena sifatnya koleksi referensi ini tidak dapat dibaca seluruhnya oleh pengguna, hanya diambil informasi yang diinginkan saja. Koleksi ini meliputi : kamus, ensiklopedia, manual, almanak, buku tahunan, atlas, direktori, data statistik, peraturan/undang-undang, dan biografi. Ciri utama koleksi ini adalah terdapat huruf "R" diatas nomor klasifikasinya. Koleksi referensi hanya dibaca di tempat atau di fotokopi.
Koleksi skripsi/tesis merupakan karya ilmiah akhir mahasiswa dalam menyelesaikan studinya। Koleksi ini ditempatkan diruangan khusus di area pelayanan skripsi dengan sifat layanan tertutup, dimana koleksi ini hanya dapat dibaca di tempat.
erbitan berkala adalah terbitan berseri, baik bersifat ilmiah atau populer yang diterbitkan oleh organisasi profesi maupun badan swasta atau pemerintah, baik dalam maupun luar negeri. Koleksi ini berada di area layanan skripsi.

Koleksi perpustakaan berupa buku, majalah, jurnal, kliping dan surat kabar ditempatkan sebagai berikut :
* Buku ditempatkan pada ruangan koleksi, dimana pengguna dapat mengambil sendiri buku yang diperlukannya.
* Tugas Akhir/Skripsi, Majalah, Jurnal, dan Kliping ditempatkan pada area pelayanan TA/Skripsi, disini pengguna tidak dapat mengambil sendiri dan harus melalui petugas।

PENGATURAN KOLEKSI | TOP !

Buku-buku perpustakaan Universitas Widyatama dikelompokkan atau diklasifikasikan menurut sistem DCC (Dewey Decimal Classification) yang menggunakan sandi atau simbol angka untuk kelompoknya, agar subyek yang sama isinya terkumpul dan yang berbeda terpisah. Sistem DDC membagi ilmu pengetahuan dalam 10 kelas utama, kemudian masing-masing kelas Utama dibagi lagi kedalam 10 divisi, dibagi lagi dalam 10 seksi sehingga dengan demikian DDC terdiri dari 10 kelas utama, 100 divisi dan 1000 seksi.

Kelas utama dalam DDC adalah :

000-Karya Umum
100-Filsafat, Psikologi
200-Agama
300-Ilmu-ilmu Sosial
400-Bahasa,Linguistik
500-Ilmu Murni
600-Ilmu Terapan
700-Seni dan Olahraga
800-Kesusastraan
900-Geografi,Biografi,Sejarah

Notasi DDC dibentuk dengan terus menerus memperluas pecahan atau fraksi desimal dengan rincian dari umum ke khusus.

Contoh kelas :

600-untuk Teknologi
610-untuk Ilmu Kedokteran
620-untuk Ilmu Teknik
630-untuk Ilmu Pertanian
640-untuk Kesejahteraan Rumah Tangga
650-untuk Manajemen
660-untuk Industri dan Teknologi Kimia
670-untuk Pengolahan Bahan Industri dalam Pabrik
680-untuk Industri-industri lain
690-untuk Bangunan


Contoh buku Manajemen Keuangan karya Ridwan S. Sundjaja akan mendapat sandi
658.15 Notasi unutk Manajemen Keuangan
sub Tiga huruf pertama pengarang SUNDJAJA, Ridwan S.
m Huruf pertama judul.
Koleksi umum (sirkulasi) adalah koleksi yang meliputi berbagai disiplin ilmu baik berbahasa indonesia, inggris maupun bahasa asing lainnya. Koleksi ini ditempatkan diruang koleksi dan dapat dipinjam untuk dibawa pulang dengan syarat sebagai berikut

Tidak ada komentar: