Sabtu, 05 Januari 2008

Membina Perpustakaan Madrasah

Membina Perpustakaan Madrasah
By redaksi
Kamis, 06-September-2007, 06:15:15 68 clicks Send this story to a friend Printable Version

Pada hakekatnya, perpustakaan madrasah merupakan sistem pengelolaan sumber informasi dengan ilmu perpustakaan oleh tenaga terdidik bagi para guru, siswa, maupun karyawan.

Pada hakekatnya, perpustakaan madrasah merupakan sistem pengelolaan sumber informasi dengan ilmu perpustakaan oleh tenaga terdidik bagi para guru, siswa, maupun karyawan. Dalam proses ini diperlukan sarana dan prasarana dengan menggunakan teknologi untuk memperlancar pelayanan.
Secara konsepsional, perpustakaan madrasah mengemban visi pendidikan, yakni sebagai sumber belajar mengajar untuk meningkatkan ketakwaan guru, siswa maupun karyawan. Di samping itu, keberadaan perpustakaan madrasah diharapkan mampu menanamkan keimanan kepada peserta didik dengan mengamalkan ajaran Islam berdasarlkan al-Quran dan Sunnah nabi Muhammad SAW., memurnikan ajaran-ajaran tauhid, dan menghindarkan diri dari bidah, takhayul, dan khurafat.
Oleh karena itu, di setiap perpustakaan masdrasah maupun sekolah-sekolah Islam diharapkan tersedia Mushaf al-Quran dan terjemahnya, hadis-hadis shahih, sejarah Islam, maupun biografi tokoh-tokoh Islam.
Fungsi
Keberadaan perpustakaan madrasah diharapkan berfungsi sebagai berikut:
Pendidikan (Education)
Koleksi perpustakaan madrasah dapat terdiri dari buku-buku fiksi, nonfiksi, majalah populer maupun majalah ilmiah, serta media pandang dengar. Para siswa dan guru diharapkan mampu memanfaatkannya secara mandiri. Dari sana siswa akan mengetahui cara belajar yang baik karena terbiasa belajar sendiri maupun belajar bersama untuk menyelesaikan tugas-tugas dari guru.
Informasi
Para siswa maupun guru dapat memperoleh keterangan tentang tempat, data, ukuran, nama orang, gambar, foto, catatan peristiwa, dan informasi lain melalui sejumlah koleksi perpustakaan madrasah/sekolah. Mereka itu dapat mencari informasi tersebut dalam kamus, sensiklopedi, biografi, geografi, peta, globe, dan lainnya. Bahkan, dengan kemajuan teknologi, para siswa maupun guru dapat mencari berbagai informasi ke jaringan internet.
Penelitian (Research)
Pengertian penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan secara hati-hati dan detail terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah itu (Moch. Nazir, 1983: hlm. 124). Melalui koleksi perpustakaan dapat dilakukan penelitian pustaka/library research untuk memperoleh data dan fakta.
Tujuan
Keberadaan perpustakaan madrasah dimaksudkan untuk tujuan sebagai berikut.
1.Membantu proses belajar mengajar.
2.Melakukan penelitian sederhana.
3.Mengembangkan minat baca untuk menciptakan kondisi belajar mandiri, terutama setelah lepas dari pendidikan formal.
4.Memperluas kesempatan belajar bagi peserta didik.
5.Embiasakan siswa mencari informasi sendiri di perpustakaan secara manual maupun melalui komputer.
6.Memperoleh bahan rekreasi yang sehat melalui bacaan ringan, seperti surat kabar, majalah populer, maupun buku-buku fiksi.
7.Mengembangkan minat siswa maupun guru dengan lebih memperdalam bidang tertentu melalui bacaan.
Berkaitan dengan nomor 1, perpustakaan madrasah berfungsi untuk menunjang program pendidikan pada umumnya sesuai kurikulum yang berlaku serta mengembangkan kemampuan siswa dalam memanfaatkan sumber informasi tercetak maupun terekam। Selain itu, perpustakaan madrasah/sekolah dapat membantu tugas-tugas guru dalam mengajar dan memperkaya ilmu pengetahuan.(Sumber: Membina Perpustakaan Madrasah dan Sekolah Islam karya Lasa HS. Penerbit: Adi Cita, 2002)
http://www.radarbanten.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=16203

Tidak ada komentar: